Minggu, 16 Oktober 2016

psikologi manajemen (definisi dan demensi komunikasi )

Nama          : Andika Ibnul Faisal Sadif
Kelas           : 3PA02
NPM           :11514069



PSIKOLOGI MANAJEMEN

A.     Pengertian Komunikasi
Herbert T mengemukakan komunikasi adalah proses mentransfer pengetahuan atau makna untuk mencapai tujuan tertentu.
Menurut Effendy komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain. Pikiran tersebut bisa merupakan informasi, gagasan, opini, dan yang muncul dari pikiran sendiri.
Krech menyatakan bahwa komunikasi adalah kegiatan menggunakan simbol-simbol dalam rangka menyampaikan informasi tentang suatu objek.
Komunikasi adalah proses sosial dimana individu-individu menggunakan simbol-simbol untuk menciptakan dan menginterpretasikan makna dalam lingkungan mereka. Komunikasi juga merupakan penyampaian informasi, gagasan, emosi, ketrampilan, dan sebagainya dengan menggunakan lambang-lambang atau kata-kata, gambar, bilangan, grafik, dan lain-lain. Kegiatan atau proses penyampaiannya biasanya dinamakan komunikasi.
Riswandi menyimpulkan beberapa karakteristik komunikasi berdasar berbagai definisi yang dikemukakan para ahli, antara lain (Riswandi, 2006) :
a.       Komunikasi adalah suatu proses, artinya komunikasi merupakan serangkaian tindakan atau peristiwa yang terjadi secara berurutan (ada tahapan atau sekuensi) serta berkaitan satu sama lainnya dalam kurun waktu tertentu.
b.      Komunikasi adalah suatu upaya yang disengaja serta mempunyai tujuan. Komunikasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara sadar, disengaja, serta sesuai dengan tujuan atau keinginan dari pelakunya.
c.       Komunikasi menuntut adanya partisipasi dan kerja sama dari para pelaku yang terlibat kegiatan komunikasi akan berlangsung baik apabila pihak-pihak yang berkomunikasi (dua orang atau lebih) sama-sama ikut terlibat dan sama-sama mempunyai perhatian yang sama terhadap topik pesan yang disampaikan.
d.      Komunikasi bersifat simbolis karena dilakukan dengan menggunakan lambang-lambang. Lambang yang paling umum digunakan dalam komunikasi antar manusia adalah bahasaverbal dalam bentuk kata-kata, kalimat, angka-angka atau tanda-tanda lainnya.
e.       Komunikasi bersifat transaksional. Komunikasi pada dasarnya menuntut dua tindakan, yaitu memberi dan menerima. Dua tindakan tersebut tentunya perlu dilakukan secara seimbang atau porsional.
f.        Komunikasi menembus faktor ruang dan waktu Maksudnya bahwa para pelaku yang terlibat dalam komunikasi tidak harus hadir pada waktu serta tempat yang sama. Dengan adanya berbagai produk teknologi komunikasi seperti telepon, internet, faximili, dan lain-lain, faktor ruang dan waktu tidak lagi menjadi masalah dalam berkomunikasi.
Komunikasi dibagi menjadi dua yaitu komunikasi internal dan komunikasi eksternal :
1.    Komunikasi internal
Komunikasi internal organisasi adalah proses penyampaian pesan antara anggota-anggota organisasi yang terjadi untuk kepentingan organisasi, seperti komunikasi antara pimpinan dengan bawahan, antara sesama bawahan, dsb. Proses komunikasi internal ini bisa berujud komunikasi antarpribadi ataupun komunikasi kelompok.
2.    Komunikasi eksternal
Komunikasi eksternal organisasi adalah komunikasi antara pimpinan organisasi dengan khalayak di luar organisasi. Pada organisasi besar, komunikasi ini lebih banyak dilakukan oleh kepala hubungan masyarakat dari pada pimpinan sendiri. Yang dilakukan sendiri oleh pimpinan hanyalah terbatas pada hal-hal yang dianggap sangat penting saja.



B.     Dimensi Komunikasi

Dimensi-dimensi komunikasi sebagai berikut :
a.         Isi, adalah apa yang dibicarakan dalam komunikasi antara satu orang dengan orang yang lain atau bahkan lebih.
b.         Kebisingan, adalah tinggi rendahnya suara yaang terdengar dalam melakukan komunikasi.
c.         Jaringan, sejauh mana seseorang meluaskan jangkauan informasinya dalam melakukan komunikasi. Diantaranya ada komunikasi yang bergantung pada (jaringan satelit).
d.         Arah, dimensi ini terbagi menjadi dua yaitu :
a.       Dimensi komunikasi satu arah, komunikasi satu arah adalah hanya ada satu orang berbicara menyampaikan infomasi untuk satu orang atau lebih.
b.      Dimensi komunikasi dua arah, Komunikasi 2 arah adalah adanya interaksi antara satu orang menyampaikan informasi satu orang atau lebih juga ikut berbicara sehingga terciptanya interaksi untuk menyampaikan beberapa informasi.

C.     Peran Psikologi Manajemen Dalam Organisasi
Manajemen adalah seni mengatur atau mengontrol, sendangkan organisasi adalah suatu wadah atau kumpulan beberapa orang yang mempunyai tujuan yang sama, serta mempunyai aturan yang tersistematis. Hubungannya antara psikologi manjemen dan organisasi adalah untuk mengatur atau mengontrol prilaku beberapa orang dalam suatu wadah dengan aturan terikat, guna untuk memajukan SDM serta peningkatan produktifitas organisasi tersebut.




Daftar Pustaka
-         Effendy, O. (1994). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya.
-         Wiryanto. (2005).  Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Gramedia Wiasarana Indonesia.
-         Nawangsari, S. (1997). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Gunadarma

1 komentar:

  1. No Deposit Casinos 2021 | Claim Free Spins At Top No Deposit
    Best No Deposit Casinos 헬로우 블랙 잭 ➜ Best 스트립 포커 No Deposit Bonus Codes ✓ Free Spins Codes ✓ Latest mbet365 No Deposit Bonuses 토토커뮤니티 ✓ Free Spins Codes ✓ Latest Free Spins khpropertysyariah.com Bonuses.

    BalasHapus

Rasional emotif Therapy (materi, video dan analisis video)

Nama : Andika Ibnul Faisal Sadif Kelas  : 3PA02 Npm  : 11514069 I. MATERI RET   A. Rational Emotive Therapy (RET) 1.   ...